Universitas Negeri Medan sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi Negeri di Sumatera Utara merasa memiliki kewajiban dalam hal memberikan masukkan dan pelayanan kepada masyarakat dalam hal memberikan konseling.

Sehingga berdasar hal tersebut Unimed terhitung rabu, 30 april 2014 telah membuka Counseling Centre Service di kampus Unimed, yang langsung di buka oleh rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dan disaksikan oleh pimpinan Unimed dan pemateri Panel Diskusi “Fenomena dan Solusi Karakter Bangsa Generasi Muda”, karena kegiatan opening counceling centre service tersebut dirangkai dengan kegiatan dimaksud. Pematerinya yakni Brigjen Pol Boy Rafli Amar (Karodiv Humas Polri) dan dr. Herti Silalahi, Ph. D (Yayasan Soposurung TB Silalahi Centre).

Kordinator Counseling Centre Service Unimed diamanahkan kepada Prof. Dr. Sri Milfayetty, MS. Kons dan dibawah UPBK Unimed yang dipegang oleh Dr. Rosmala Dewi, M.Pd. Kons. Prof. Dr. Milfayetty mengatakan bahwa Pusat Pelayanan Konseling Unimed ini akan melayani antara lain : Paket Peminatan, Tes IQ, Bakat, Minat, Kepribadian, Self Analysis, Analisis Skala Emosi, Konseling Masalah Pribadi, Sosial, Belajar, Karir, Keluarga, Agama, Pekerjaan, Kewarganegaraan Terapi Dianetik, Latihan Teknologi Belajar Efektif, Pengembangan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Pengembangan Kompetensi Pedagogi dan profesional guru bimbingan konseling. Dan berbagai jenis layanan lainnya yaitu : orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran/konten, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling perorangan, konsultasi, mediasi dan advokasi.

Dasar dibukanya pusat pelayanan konseling ini adalah berdasar dari fenomena generasi muda yang sangat kompleks dan akan berdampak negatif terhadap masa depan bangsa. Oleh karena itu, Universitas Negeri Medan merasa bertanggungjawab untuk turut membantu mengendalikan kondisi generasi muda ini. Berinisiatif untuk menjalin kemitraan yang sinergi dengan keluarga, sekolah dan masyarakat, pemerintah dan seluruh komponen bangsa. Terjadinya masalah generasi muda usia sekolah ini berdasarkan dari ketidakmampuan mereka mengendalikan permasalahan yang dihadapi anak bangsa, baik yang timbul akibat kondisi labil perkembangannya ataupun pengaruh lingkungan. Sebenarnya jika mereka mendapatkan pendidikan dan bimbingan konseling maksimal dan tepat maka perilaku menyimpang generasi muda akan dapat dihindari. Saat ini persoalan generasi muda semakin kompleks. Bukan lagi terbatas pada masalah perilaku puberitas semata melainkan juga sudah sampai pada persoalan idiologi. Pancasila sebagai idiologi berbangsa dan bertanah air kurang dipahami, sehingga karakter anak bangsa generasi muda ini semakin jauh dari harapan. Atas berbagai persoalan tersebut, Unimed hadir kemasyarakat dalam memberikan pelayanan berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat dalam bentuk bimbingan konseling.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si berharap mudah-mudahan Pusat Palayanan Konseling Unimed ini dapat menjawab dan memberikan solusi dalam bentuk bimbingan aktif kepada masyarakat. Kita akan persiapkan segala fasilitas dan SDM yang memadai agar bisa maksimal memberikan pelayanan konseling kepada semua masyarakat baik perorangan, kelompok atau organisasi di Pusat Pelayanan Konseling Unimed ini. Unimed ini lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat. Oleh karena Unimed akan terus berupaya berkarya dan memberikan pelayanan untuk kemaslahatan masyarakat luas.

Sumber: http://humas.unimed.ac.id