Strategi Mempersiapkan Siswa Sukses Menghadapi Ujian

Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed

Keberhasilan siswa menghadapi ujian pada umumnya, khususnya Ujian Nasional (UN) dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kemampuan menjawab pertanyaan secara tepat dan benar, setidak-tidaknya guna mencapai Standar Kelulusan Minimal. Untuk sampai pada kondisi tersebut, siswa perlu mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh sehingga benar-benar merasa mampu untuk menghadapi dan mengikuti ujian tersebut dengan kemampuan sendiri dan dengan hasil yang sebaik-baiknya.

Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan beberapa tahun terakhir ini mengundang pro dan kontra, baik bagi peserta ujian sendiri, maupun pengelola dan pengambil kebijakan pendidikan serta orang tua/wali murid. Banyak isu yang yang berkembang atas pelaksanaan UN, khususnya terhadap bagaimana siswa sukses dan lulus dengan baik. Pada umumnya pihak satuan pendidikan sekolah/madrasah, menginginkan siswanya lulus 100%. Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai cara dilakukan, termasuk di dalamnya membentuk “tim sukses” agar sebagian besar siswa lulus dengan nilai yang tinggi. Dalam pada itu diperoleh informasi dari berbagai pihak bahwa peserta UN ada (banyak) yang sebelum dan/atau ketika ujian berlangsung menerima kunci jawaban dari sumber yang tidak bertanggung jawab. Ironisnya, kunci jawaban itu ada yang benar ada pula yang salah mengacu kepada soal-soal yang ada.

Kenyataan seperti digambarkan di atas perlu ditanggapi secara tepat segera dicarikan jalan keluarnya. Semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan UN, seperti Dinas Pendidikan Nasional Propinsi/Kab/Kota, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Konselor, dan juga Orang Tua, perlu melaksanakan peran masing-masing secara tepat dan terarah sehingga di satu sisi, siswa dapat mempersiap-kan diri dan menjalani ujian dalam kondisi benar-benar “siap tempur” dan di sisi lain misi pendidikan yang paling esensial, yaitu mencerdaskan para siswa dalam arti yang sebenar-benarnya, tidak tercederai. Untuk itu siswa perlu didorong, dibimbing, dan diarahkan dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan bekal yang penuh, bergairah dan bersemangat. Kepada siswa perlu diperkenalkan dan diajak menempuh langkah-langkah kongkrit untuk menghadapi ujian dengan persiapan yang penuh dan matang.

Lebih lengkap silanhkan download Pedoman "STRATEGI MEMPERSIAPKAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL"