SEMUA orang paham, bahwa wawancara kerja adalah sesi paling penting dan sangat berpengaruh bagi perusahaan untuk menilai calon karyawannya.

Bagi kamu yang baru lulus dan mencari kerja, inilah saat yang mendebarkan sekaligus harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa memikat para pewawancara. Berikut beberapa trik agar mampu melewati sesi interview kerja dengan lancar

Sebelum wawancara kerja

1. Persiapkan diri setidaknya 30 menit lebih lama dari waktu normal yang biasa kamu butuhkan untuk mempersiapkan diri di pagi hari. Pilihlah baju yang terbaik dan sesuai dengan lingkungan kerja tempat kamu melamar (formal, semiformal, kasual). Rapikan rambutmu, jangan sampai menutupi wajah. Bersihkan kuku-kuku jari dan kenakan sepatu yang bersih.

2. Hitung waktu dengan cermat agar kamu bisa sampai 15 menit sebelum jadwal wawancara. Gunakan waktu tersebut untuk merapikan diri di toilet, mengatur napas, dan membuat diri kamu lebih santai dan tenang. Pastikan napas kamu segar.

Cobalah mengunyah permen karet atau permen mint sepanjang perjalanan menuju tempat wawancara. kamu juga bisa mencoba mengunyah daun seledri yang dianggap ampuh menumpas bau mulut. Namun, pastikan permen yang kamu kunyah tidak menciptakan bau yang juga terlalu kuat.

Saat perkenalan

1. Majulah sambil tersenyum. Gunakan tangan kanan untuk bersalaman meski kamu kidal.

2. Tataplah mata para pewawancara dan kenalkan diri kamu dengan sopan. Misalnya,”Selamat pagi Pak Nelson, saya Rina”.

3. Berikan respons yang baik dan ramah. Andaikan si pewawancara lebih dulu menyapa kamu, maka balas sapaannya dengan sopan dan senyum.

4. Jangan duduk sebelum diminta duduk atau mintalah izin terlebih dahulu sebelum duduk. (herita/ehow/sindo) (//rhs)

Sumber : http://kampus.okezone.com